Thursday, January 22, 2015

LAPORAN PRAKTIKUM ORGAN DALAM PRIA



LAPORAN PRAKTIKUM ORGAN DALAM WANITA
ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA






Disusun oleh :
Afifah Tri Listianingtias 1304015018
Lilis Cholisah 1304015280
Muzzamil Nur Hasan 1304015340



PROGRAM STUDI FARMASI
FAKULTAS FARMASI DAN SAINS
UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PROF.DR.HAMKA
JAKARTA 2014

BAB I
PENDAHULUAN
TUJUAN PRAKTIKUM
            Adapun diadakannya praktikum mengenai organ dalam wanita ini bertujuan agar para praktikan memahami tentang struktur penyusun tubuh wanita. Praktikan dapat memahami oragn-organ dalam yang menyusun dan menyokong kehidupan seorang manusia terutama pada wanita. Praktikum ini juga menuntun para praktikan agar dapat membedakan organ-organ dalam yang ada pada tubuh seorang wanita dengan organ-organ dalam yang ada pada tubuh seorang pria.
            Praktikum ini juga menuntun para praktikan agar dapat memahami sistem-sistem apa saja yang terjadi di dalam tubuh manusia. Praktikum ini juga dapat menuntun praktrikan agar memahami bagian-bagian organ mana saja yang termasuk ke dalam masing0masing sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Praktikum ini juga menuntun praktikan agar dapat memahami letak , nama dan fungsi dari masing-masing organ yang ada di dalam tubuh manusia terutama tubuh wanita.
            Praktikum ini juga dapat menuntun praktikan memahami alur atau jalannya suatu sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Praktikan juga dapat memahami bagaimana cara kerja dari masing-masing sistem tersebut. Praktikan juga dapat memahami kerusakan dan kelainan yang ada pada suatu sistem , dan bagaimana cara menanggulanginya. Praktikan juga dapat memahami penyebab dari kelainan yang terjadi pada suatu sistem yang menyerang salah satu organ tersebut.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari jaringan-jaringan. Organ memiliki fungsinya masing-masing. Tumbuhan dan hewan pun juga memiliki organ. Contoh organ yang dimiliki oleh tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan juga biji. Sedangkan organ yang dimilki hewan hampir sama dengan yang dimilki oleh manusia yaitu seperti jantung, paru-paru, mata, otak, lambung, hati, usus, tulang dan masih banyak yang lainnya.

Tubuh manusia yang terdiri atas organ-organ itu dibagi ke dalam dua jenis organ, yaitu organ luar dan organ dalam. Berikut ini adalah conntoh organ yang dimiliki oleh manusia beserta fungsinya.

Tenggorokan , adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan larimg. Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan. Tenggorokan itu terdiri dari 2 bagian, yaitu jalan makan dan jalan napas.

Jantung, berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuuh. Darah merupakan organ yang berfungsi untuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida).

Pankreas adalah organ yan berkaitan dengan sistem pencernaan manusia yang mengatur kadar insulin dalam darah.

Hati adalah organ yang berperan penting dalam metabolisme dan memiliki beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk penyimpanan glikogen, sintesis protein plasma, dan penetralan obat. Dia juga memproduksi biole, yang penting dalam pencernaan.

Ginjal adalah organ ekskresi dalam vetebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bertsama air dalam bentuk urin.

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen darui udara dengan karbondioksida dari darah.

Limpa adalah kelenjar tanpa saluran yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Organ tubuh manusia ini dianggap merupakan salah satu pusat kegiatan pada sistem retikuloendotelium.
Lambung adalah organ tubuh manusia setelah kerongkongan yang berfungsi untuk menghancurkan atau mencerna makanan yang ditelan dan menyerap sari atau nutrisi makanan yang penting bagi tubuh.

Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang bermula dari lambung hingga anus. Pada manusia, usus kecil terbagi lagi menjadi duodenum, jejunum, dan ileum, sedangkan usus besar terbagi menjadi cecum, kolon, dan rektum.

Usus halus atau usus kecil adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak antara lambung dan usus besar.

Usus besar adalah bagian usus antara usus buntu dan rektum. Fungsi utama organ tubuh manusia ini adalah menyerap air dan feses. Bagian kolon dari usus buntu hingga pertengahan kolon melintang sering disebut degan ‘kolon kanan’, sedangkan bagian sisanya sering disebut dengan ‘kolon kiri’.

Usus dua belas jari adalah bagian dari usus halus yang terletak sete;lah lambung dan menghubungkannya ke usus kosong. Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek dari usus halus. Fungsinya adalah bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus.

Empedu adalah cairan bersifat basa pahit dan berwarna hijau kekuningan, yang disekresikan oleh hepatosit hati.

Nantinya organ-organ yang ada dalam tubuh manusia akan saling berhubungan dan membentuk apa yang dimakan dengan sistem organ. Dalam anatomi tubuh manusia dikenal beberapa sistem dengan tugas dan fungsi yang satu sama lain berbeda. Sistem-sistem dalam tubuh manusia tersebut di antaranya adalah sistem kekebalan tubuh, sistrem ekskresi, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem syaraf, sistem endokrin, sistem otot, sistem rangka.








BAB III
METODOLOGI PRAKTIKUM
ALAT-ALAT
·         Alat tulis
·         Alat peraga organ dalam wanita
PROSEDUR KERJA
·         Menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan
·         Mengamati alat peraga serta menyebutkan bagian-bagian serta fungsinya
·         Mencatat apa yang perlu dicatat
































PEMBAHASAN
Organ dalam wanita kurang lebih hamper sama dengan organ-organ dalam yang terdapat pada tubuh pria. Hanya saja pada wanita terdapat kelenjar mammae. Keduanya juga sangat berbeda pada organ reproduksinya. Tetapi untuk keseluruhannya organ dalam wanita dan pria kurang lebih sama.
          Dalam praktikum kali ini yang dibahas lebih kepada sistem-sistem yang ada pada organ tubuh manusia. Tidak banyak topic yang membahas tentang bagian-bagian organ dalam wanita karena sudah dijelaskan pada praktikum organ dalam pria terlebih dahulu. Jadi kelompok kami akan membahas tentang sistem-sistem yang menyangkut beberapa organ dalam tubuh manusia. Diantaranya sebagai berikut :
a.     Sistem peredaran darah

b.     Sistem pencernaan
c.     Sistem ekresi

BAB V
KESIMPULAN
Dari praktikum yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tubuh manusia tersusun atas banyaknya organ-organ penting yang membantu kelangsungan hidup tubuh seorang manusia. Tubuh manusia terbagi atas beberapa sistem diantaranya :
·        Sistem pernafasan , Yang termasuk ke dalam sistem pernfasan diantaranya :
ü Faring
ü Laring
ü Kerongkongan
ü Trakea
ü Paru-paru
ü Dll
·        Sistem pencernaan, yang termasuk sistem pencernaan anatar lain :
ü Hati
ü Lambung
ü Duodenum
ü Rectum
ü Anus
ü Kolon
ü Dll
·        Sistem peredaran darah , yang termasuk sistem peredaran darah antara lain :
ü Jantung
ü Aorta
ü Aorta punggung
ü Dll


DAFTAR PUSTAKA
ü  Frandson, 1992. Anatomi dan fisiologi ternak.gadjah mada university press.yogyakarta.
ü  Kelley, R., 1995. Histologi dasar . EGC. Jakarta.
ü  Pearce, E.,2004. Anatomi dan fisiologi manusia untuk paramedis. Gramedia pustaka utama.jakarta
ü  Syaifuddin,2006. Anatomi dan fisiologi untuk mahasiswa keperawatan. Buku kedokteran EGC. Jakarta .

























4 comments: